SEJARAH SINGKAT

Sejarah berdirinya ITATS dimulai dari ATS (Akademik Teknik Surabaya) yang didirikan oleh YPTS (Yayasan Pendidikan Teknik Surabaya) pada tanggal 30 Mei 1963. Saat itu ATS menyelenggarakan pendidikan jenjang Diploma 3 (D-3) untuk jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin dan Teknik Elektro.

Seiring dengan permintaan kebutuhan dunia kerja dan perkembangan yang terjadi saat itu, maka YPTS melalui Surat Keputusan No : SKEP/91/YPTS/XII/1983 tanggal 29 Desember 1983, memutuskan Akademi Teknik Surabaya ditingkatkan menjadi Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya yang disingkat ITATS yang terdiri 3 Fakultas dengan 5 Departemen yaitu : (i) Fakultas Teknologi Industri, terdiri dari Departemen Teknik Mesin, Teknik Elektro ; (ii) Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, terdiri dari : Departemen Teknik Sipil dan Teknik Arsitektur; (iii) Fakultas Teknologi Kelautan, terdiri dari Departemen Teknik Perkapalan. Sehingga program akademik Strata-1 (S-1) dimulai sejak tahun Akademik 1984/1985.

Gedung ITATS

Jurusan Teknik Geologi berada di bawah Fakultas Teknologi Mineral dan Kelautan, yang telah berdiri sejak tahun 2002. Jurusan Teknik Geologi – ITATS telah menghasilkan lulusan yang bekerja pada Instansi Pemerintah (PNS), swasta seperti perusahaan pertambangan, perminyakan dan gas bumi, Dosen. Saat ini Jurusan Teknik Geologi telah terakreditasi dengan nilai B berdasarkan sertifikasi akreditasi program studi Nomor : NO. SK 853/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2015. 

 

VISI, MISI DAN TUJUAN

VISI:

Menjadi jurusan yang unggul, mandiri, bermartabat dan inovatifdi bidang kebumian,  berwawasan lingkungan, berkelanjutandan bertaraf internasional.

MISI:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi pada bidang geologi yang mengacu pada    standar nasional dan internasional yang relevan. 
  2. Menyelenggarakan penelitian sains dan teknologi di bidang geologi.  
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang geologi. 
  4. Menjalin kerjasama secara nasional dan internasional di bidang geologi untuk mendukung pelaksanaan tri dharma jurusan. 
  5. Menciptakan lulusan yang kompeten di bidang geologi yang adaptif terhadap  perkembangan ipteks berwawasan lingkungan, berbudi luhur dan berakhlak mulia.

TUJUAN:

  1. Terselenggaranya pendidikan tinggi pada bidang geologi yang mengacu pada standar nasional  dan internasional yang relevan. 
  2. Terselenggaranya penelitian sains dan teknologi di bidang geologi. 
  3. Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat di bidang geologi. 
  4. Terjalinnya kerjasama secara nasional dan internasional di bidang geologi untuk mendukung pelaksanaan tri dharma jurusan. 
  5. Terciptanya lulusan yang kompeten di bidang geologi yang adaptif terhadap perkembangan  ipteks berwawasan lingkungan, berbudi luhur dan berakhlak mulia.
Scroll to top