Kuliah Lapangan (Pemetaan Geologi) di BIKK-LIPI Karangsambung, Kebumen 2018

Kuliah Lapangan (Pemetaan Geologi)

Kegiatan kuliah lapangan atau dalam Kurikulum di sebutkan dengan nama Pemetaan Geologi, merupakan kegiatan yang ada di kurikulum Jurusan Teknik Geologi – ITATS sebagai Mata Kuliah Wajib yang harus ditempuh oleh Mahasiswa Jurusan Teknik Geologi – ITATS dengan bobot sks adalah 4 sks. Mata Kuliah Pemetaan Geologi di buka pada Semester IV atau Genap dengan syarat mahasiswa untuk mengambil adalah telah lulus Mata Kuliah Metode Pemetaan Geologi (MPG).

Kegiatan Pengenalan Lapangan di Karangsambung

Mata Kuliah Pemetaan Geologi tanpa ada tatap muka di kelas, untuk kuliahnya langsung di lapangan mempraktekkan teori-teori dan metode-metode yang telah didapatkan selama perkuliahan di kelas. Pada prakteknya Pemetaan Geologi dilakukan dua tahap, tahap pertama adalah kegiatan kuliah lapangan berkelompok yang dibimbing langsung baik oleh Asisten Lapangan maupuan Dosen Pembimbing Lapangan dan tahap kedua adalah pemetaan mandiri atau Kuliah Mandiri (KM) di lokasi yang berbeda.

Pada waktu sebelum-sebelumnya kegiatan Pemetaan Geologi (Kuliah Lapangan) di lakukan di Sekitaran Daerah Jawa Timur, yaitu Daerah Plandaan dan Sekitarnya, untuk kali ini dilakukan di Daerah Karangsambung, Kebumen Jawa Tengah. Daerah Karangsambung merupakan Kampus Lapangan yang dikelola oleh Balai Informasi Konservasi Kebumian – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (BIKK-LIPI).

Salah satu mahasiswa peserta pemetaan geologi yang sedang berdiri disamping singkapan batuan yang terlipat kuat, yaitu rijang dengan sisipan batugamping merah

Secara geologi Daerah Karangsambung dan Sekitarnya sangat komplek, di sana banyak dijumpai berbabagai macam singkapan batuan, dari Batuan Beku, Sedimen hingga Metamorf, dengan struktur geologi yang membentuknya dan juga bentang alam (morfologi) yang beragam. Sehingga mahasiswa Teknik Geologi – ITATS diharapkan dapat mengenali, mengetahui dan melihat langsung berbagai macam singkapan batuan tersebut.

Kegiatan evaluasi saat pengambilan data dan perencanaan pemetaan hari berikutnya

Suasana diskusi di lapangan

Sehingga diharapakan dengan diadakan kegiatan Pemetaan Geologi (Kuliah Lapangan) di Daerah Karangsambung dan Sekitarnya yang secara geologi merupakan daerah komplek melange, dapat membuat mahasiswa-mahasiswa lebih mengetahui dan memahami mengenai proses pembentukannnya dan deskripsi batuan yang dijumpai serta mengetahui bentang alam (morfologi) yang terbentuk serta genesanya.

TEKNIK GEOLOGI – ITATS …… KEREN…….!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top