PT Pilartujuh Abadi Sentosa

Kerjasama Teknik Geologi dengan PT Pilartujuh Abadi Sentosa

Pada hari Jumat, tanggal 16 Agustus 2019 Jurusan Teknik Geologi – ITATS menjalin kerjasama dengan salah satu perusahaan yang ada di area Jawa Timur yaitu PT Pilartujuh Abadi Sentosa.  PT Pilartujuh Abadi Sentosa merupakan perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang usaha pertambangan. Area kerja PT Pilartujuh Abadi Sentosa sebagian besar berada di Jawa Timur, sehingga sangat tepat Jurusan Teknik Geologi – ITATS menjalin kerjasama. Pada jalinan kerjasama ini kedua belah pihak sepakat mengambil tema adalah “PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA, PENELITIAN DAN PENGKAJIAN DI BIDANG KEGEOLOGIAN DAN PERTAMBANGAN”. Ruang lingkup kerjasama ini meliputi : Bimbingan mahasiswa, pendidikan, penelitian, pelatihan, dan pengkajian di bidang geologi, sumber daya geologi dan pertambangan, serta pemanfaatan sarana survey dan laboratorium.

Pada pertemuan kerjasama ini dilakukan di tempat Kantor PT Pilartujuh Abadi Sentosa, dalam hal ini pihak Jurusan Teknik Geologi – ITATS di wakili oleh Bapak Dekan Fakultas Teknologi Mineral dan Kelautan (FTMK) Dr. Mat Syai’in, ST., MT., Ph.D dan beberapa Dosen Jurusan Teknik Geologi dan Jurusan Teknik Pertambangan, pihak PT Pilartujuh Abadi Sentosa di hadiri langsung oleh Bapak Direktur Bapak Rangga Paramayoga, ST., MMT serta beberapa staf direksi. Menurut pendapat Bapak Dekan FTMK jalinan kerjasama ini sangat bagus sekali, mempertemukan antara dunia pendidikan dengan dunia industri secara langsung, sejalan dengan arahan Pemerintah bahwa dunia pendidikan dalam hal ini adalah Perguruan Tinggi sebaiknya bermitra dengan dunia industri sehingga hasil riset dapat langsung di manfaatkan atau di rasakan oleh pelaku industri.

Manfaat langsung dengan adanya kerjasama ini adalah saat ini mahasiswa Jurusan Teknik Geologi – ITATS ada dua mahasiswa yang sedang tugas akhir atau skripsi dengan mengambil data di wilayah kerja PT Pilartujuh Abadi Sentosa atas nama Rio Fabumase dan Muh. Andi Ilham dengan mengambil tema skripsi Hidrogeologi untuk Rio Fabumase dan Kestabilan Lereng untuk Muh. Andi Ilham. Dua mahasiswa tersebut dibimbing langsung oleh pembimbing lapangan dari PT. Pilartujuh Abadi Sentosa yaitu Bapak Yansyah Oktriono Putra, ST., MT. Selain bimbingan mahasiswa bersama, dengan adanya jalinan kerjasama ini, kegiatan lain yang dilakukan adalah penelitian bersama antara Dosen dengan FTMK dengan mitra PT Pilartujuh Abadi Sentosa, dalam hal ini di wakili oleh Bapak Fajar Widiyatmoko, ST., MSc dengan mengambil tema “Pengembangan Metode Pendekatan Konversi Data Surface Model Menjadi Terrain Model Menggunakan “Lasground” dan Referensi Low Resolution DEM” proposal penelitian ini mengambil Skim PKPT untuk diajukan ke Ristek Dikti.

Semoga dengan adanya kerjasama ini banyak didapatkan manfaat yang sebesar-besarnya oleh kedua bilah pihak.

Teknik Geologi – ITATS KEREN!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top